Unilever Brightfuture goes to Pulau Untung Jawa

Unilever #Brightfuture 2015

UnileverBrightFutureLogo_RGB-1-e1430417033177

3 Oktober 2015 saya sebagai salah satu volunteer untuk kegiatan Unilever Brightfuture bersama kurang lebih 80 volunteer lainnya, tim internal Unilever, Panitia dari Bina Masyarakat Peduli dan media mengunjungi Pulau Untung Jawa untuk mengajak masyarakat, siswa sekolah dasar beserta para guru untuk peduli terhadap lingkungan. Kegiatan kali ini berfokus pada pemberian materi tentang perubahan iklim yang terjadi, inspirasi cara daur ulang sampah, dan mengajarkan kepada siswa sekolah dasar tentang materi CTPS (Cuci tangan pakai sabun). Volunteers dibagi menjadi 8 kelompok yang nantinya setiap kelompok akan memberi materi dan menginspirasi para siswa, guru dan masyarakat yang dibagi dalam 8 kelas.

Pukul 7 pagi, seluruh panitia dan volunteers sudah berkumpul di dermaga 17 Marina Ancol dan kemudian dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari setiap kelompok, kemudian briefing dan diskusi mengenai pendalaman materi serta strategi penyampaian materi. Pukul 10.00 kami menuju Pulau Untung Jawa, alhamdulillah cuaca sangat cerah saat itu dan kami sangat menikmati perjalanan yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit. Setelah sampai di dermaga, kami sudah disambut sangat meriah dengan persembahan dari para siswa sekolah dasar.

Unilever

IMG_7508

IMG_7519

Setelah rangkaian penyambutan berakhir, acara intipun dimulai. Saya yang tergabung dengan kelompok 6 langsung menuju kelas. Kegiatan yang sangat positif ini mempertemukan saya dengan para guru yang ternyata sudah sangat peduli tentang linkungan. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah pembuatan berbagai kerajinan tangan dari berbagai bungkus bekas makanan. Hasil kerajinan sudah didistribusikan hingga Bali dan Lombok. Super amazing. Kelas sangat penuh dengan diskusi menarik antara volunteers dan para guru.

IMG_7526

IMG_7563

Para Volunteers Kelompok 6 Unilever #BrightFuture

IMG_7601

Diskusi dengan para guru

IMG_7617

Foto bersama para guru SDN 1 Pulau Untung Jawa

IMG_7566

Suasana dikelas sebelah bersama siswa sekolah dasar kelas 4

Kegiatan tak berhenti hingga disitu. sebagai bentuk upaya nyata, kami melalukan kegiatan penanaman 1000 bibit mangrove. It was absolutely marvelous! Ini kali pertama saya terjun langsung untuk penanaman bakau, dan disini saya tentunya mendapatkan pengalaman yang sangat seru tentang bagaimana cara menanam bakau yang benar.

IMG_7703

Keseruan foto-foto setelah usai menanam mangrove

IMG_7685

Foto bersama seluruh panitia dan volunteers

Kami juga diberi kesempatan untuk berkeliling untuk melihat hutan mangrove. Luar biasa indah.

IMG_7727

Terima kasih Unilever sudah memberi kesempatan untuk bergabung dikegiatan positif ini. Keep action, keep inspiring for better future. I’m waiting for next project.

Terima kasih untuk seluruh warga, adik adik dan bapak ibu guru yang sangat ramah dengan kedatangan kami. Semoga bisa kembali lagi yaa

Leave a Reply