Cegah Hipertensi bersama Kader Terlatih

IMG_9460Sabtu, 12 Desember 2015 adalah puncak dari rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Belajar di Puskesmas Cimanggis Depok. Sebelumnya kami yang beranggotan 10 mahasiswa dari berbagai peminatan di FKM UI sudah melakukan penelitian kecil-kecilan, dimulai dari observasi data, menentukan prioritas masalah, melakukan survei, analisis data dan membuat program intervensi.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam 3 besar di Puskesmas Cimanggis. Hipertensi pada lansia merupan kasus tertinggi dibanding pada usia lain. Pemilihan hipertensi sebagai masalah prioritas salah satu alasannya adalah karena hipertensi itu sendiri dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hudup baik. Dari 85 lansia dan 30 kader yang kami survey, 56,5% lansia mempunyai pengetahuan yang kurang baik tentang hipertensi, sedangkan pada kader yaitu 53,3%. Kader sebagai fasilitator bagi para lansia tentunya harus mempunyai bekal pengetahuan yang baik untuk menyalurkan informasi dan edukasi yang tepat kepada seluruh lansia.

IMG_9575

Berdasarkan hal tersebut, kami mengundang kurang lebih 30 kader untuk diskusi bersama dan pelatihan pemberian materi edukasi untuk bekal kader dalam melayani di setiap kegiatan di posbindu lansia. Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk memandu jalannya seluruh rangkaian kegiatan ini. Kegiatan ini ber tagline “Bersama Kader Terlatih, Mari Cegah Hipertensi!” Rangkaian Kegiatan  terdiri dari pemberian materi tetang hipertensi (definisi, pencegahan, pola makan, gaya hidup, dll). IMG_9668Kegiatan lain adalah peragaan gerakan senam/peregangan yang bisa dilakukan lansia setiap hari. Seluruh kader pun antusias mengikuti setiap gerakan yang diperagakan oleh salah satu anggota dari tim kami. Sebelumnya, kami memberikan soal pre test sebelum materi dimulai dan kemudian memberikan soal yang sama setelah pemberian materi. Tujuannya untuk melihat apakah ada peningkatan pengetahuan pasca pemberian materi.  Sesi berikutnya yaitu diskusi terkait kendala yang dialami oleh semua posbindu di bawah lingkup kerja Puskesmas Cimanggis. Diskusi berjalan sangat meriah dengan diikuti juga oleh perwakilan puskesmas untuk mencatat setiap kendala dan perbaikan program.

 

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 membawa kesan positif bagi para kader maupun pihak puskesmas. Perwakilan peskesmas yaitu Bu Bidan Darti mengatakan bahwa sangat senang dengan kegiatan ini yang bisa mengumpulkan seluruh kader dalam satu kesempatan dan berbagi bertukar pengalaman. Disisi lain, kader merasa bahwa hari ini sangat bermanfaat, pengetahuan bertmbah dan mendapat ketrampilan tips dan triks untuk gerakan peregangan ringan yang benar yang bisa dilakukan oleh siapa saja setiap hari.

One Response to “ Cegah Hipertensi bersama Kader Terlatih ”

  1. blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

Leave a Reply